Pages


Jumat, 29 Juli 2016

Umroh sebelum haji



    Umroh Plus Dubai, dari berbagai alasan fenoma jamaah Haji yang mengatri begitu lama dan sangat panjang , maka beberapa jamaah yang lain memutuskan untuk melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu sebelum menunaikan yang wajib yakni ibadah Haji. Alasan yang mendukung hal tersebut adalah:

1.    Ibadah Umroh dapat dilakukan kapan saja, sehingga jamaah tidak perlu menunggu antrean untuk berangkat ke tanah suci, jamaah tinggal menuggu jadwal pemberangkatan dan menyiapakan kekuatan fisik dan mental .
2.    Ibadah Umroh merupakan kewajiban dan anjuran dalam beribadah kepada Allah swt sebagaimana ibadah Haji. Seperti dalam firman Allah al-qur’ann surat Al-baqarah ayat 158 dan 196 bahwa tidak aka nada dosa  bagi mereka yang melakukan ibadah Sa’I ketika umroh dan Haji, serta Allah menyuruh kita menyempurnakan Haji dan Umroh.
3.    Ibadah umroh bisa menjadi suatu stimulasi bagi Jama’ah yang masih awam akan ilmu agama,  jadi mereka bisa belajar sebagian rukun yang sama dalam ibadah Haji sehingga setelah waktu tiba untuk menunaikan ibadah Haji , orang tersebut sudah siap segala-galanya baik fisik, ruhani, materi, maupun pengetahua dan pemahaman terhadap rukun dan syarat ibadah Haji.


Dari alasan tersebut maka insyaAllah tidak akan lagi jamaah ibadah Haji yang melanggar suatu kewajibannya saat di tanah suci. Karena sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin.
Apakah boleh kita berumroh dulu sebelum berHaji ? menurut Abu Umar Ibnu ‘Abdil Barr dan kesepakatan para ulama membolehkan Jamaah melakukan umroh terlebih dahulu sebelum berhaji karena didalam suatu riwayat di sebutkan : kisah Az-Zarqani dalam suatu surat Al muwatha menjelaskan suatu hadits kepada Malik bin Abdirrahman tentang seorang sahabat beranya kepada Sa’id bin Al musayyib :” Apakah saya boleh melakukan ibadah umroh sebelum ibadah Haji ?”. jawab Sa’id : boleh saja, karena dahulu Rasulullah pernah melakukan ibadah umroh sebanyak 3 kali sebleum melakukan ibadah Haji.

    Dari pertanyaan dan pernyataan di atas tentang seseorang yang mendahulukan umroh dulu atau harus ibadah Haji dulu menyadarkan kepada iman kita masing-masing bahwa, setiap orang pasti memiliiki prinsip dan I’tikad yang berbeda, sehingga mereka dapat menentukan mana yang patut di dahulukan yang di sesuaikan dengan situasi dan kondisi jamaah pada saat itu. 

    Seseorang yang melakukan ibadah Haji sangat lah tidak cukup jika hanya berziarah ke baitullah saja dan pergi ke tempat yang lain untuk berdo’a dan berbuat Sesutu yang di sebabkan penyakit atau masalah yang di alami. Banyak kecemasan yang mungkin terjadi bagi jamaah ibadah haji yaitu :

1.    Memiiki gelar Haji atau Hajjah sudahlah harus benar-benar mendekatkan diri kepada Allah tanpa di sertai tindakan yang melenceng dan bernilai dosa di hadapan Allah swt.
2.    Banyak para jamaah Haji yang tidak sanggup melaksanakan ibadahnya secara sempurna karena alasan duniawi.
3.    Kebimbangan kepada Jamaah Haji selalu datang, karena Alah swt pasti akan terus menguji umatnya sehingga benar-benar meiliki nafsu mutmainah.

Dari kecemasan tersebut maka dari hadits Rsulullah disebutkan bahwa suatu ibadah umroh dari yag pertama sampai pelaksanaan selanjutnya akan menjadi penghapus dosa-dosa kecil yang dapat terjadii antara waktu keduanya. Dan Haji yang mabrur lah yang akan memiliki balasan yang layak yakni syurga nya Allah. Antara pengerjaan keduanya memiliki alasan yang mewajibkan seseorang, untuk melakukannya. Tetapi di lihat dari materi hal ini hanya untuk yang mampu saja.

Tidak ada komentar untuk "Umroh sebelum haji":

Posting Komentar

 

Rekening Resmi Rabbani Tour

Rekening a.n PT. Rabbani Semesta Utama
Mandiri : 130 .00.888.111.07
BCA : 008.06.222.44

Jam Buka Kantor

Senin-Jumat : 08.00 sd 16.30
Sabtu : 08.00 sd 14.00
Ahad : 08.00 sd 13.00

Head Office

Jl Lengkong Kecil No.4 Bandung Jawa Barat (Gedung 3 lantai milik sendiri)