Pages


Senin, 18 Juli 2016

Seluk-Beluk Umroh

Membahas seluk-beluk umroh, berarti berurusan dengan apa itu yang dinamakan umrah, apa jenis-jenis umroh, bagaimana kaifiat atau tata cara pelaksaan umroh dan masih banyak yang lainnya.

Pengertian Umroh

Umroh berarti berkunjung atau berziarah. Setiap orang yang telah melakukan ibadah haji sangat wajib untuk melakukan umroh. Karena umroh merupakan suatu perbuatan ibadah yang menjadi kesatuan dari ibadah haji.

Dasar Hukum umroh
  1. Pelaksanaan umroh didasarkan di dalam Ayat suci al-qur’an surat al-baqarah ayat 196 yang berarti bahwa Allah memerintahkan kepada umat muslim untuk menyempurnakan ibadah haji dan umroh karena Allah semata.
  2. Mengenai hokum umroh , banyak pendapat yang berbeda dikalangan para Madzhab. Misalnya imam syafii menyebutan bahwa hokum umroh itu wajib, menurut madzhab Hanafi dan madzhab maliki  hokum melaksanakan umroh yaitu Sunnah. Mengenai hukum umrah, ada beberapa perbedaan pendapat. Menurut Imam Syafi`i hukumnya wajib. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukumnya sunah mu`akkad (sunah yang dipentingkan).
  3. Umroh diwajibkan oleh Allah swt hanya satu kali saja bagi setiap muslim atau muslimat, tetapi banyak para jamaah yang melakukan ibadah ini beberapa kali , khususnya di Bulan Ramadhan. Hal demikian berdasar pada hadits Rasulullah Saw yang artinya: Umrah yang dilaksanakan ada bulan Ramadhan maka sama saja dengan melakukan ibadah haji sekali. Riwayat imam Muslim.
Jenis-jenis Umroh

Ada tiga jenis umroh yang di sebut didalam ilmu fikih yaitu: Umrah Mufradah, Umroh Tammatu dan Umroh Sunnah.
1.    Umroh Mufradah
  • Umroh MUfrodah menurut Bahasa atau lughah berarti “hanya melakukan Umroh saja”, maksudnya jamaah mengerjakan Umroh secara terpisah dan tidak mengaitkan niat nya dengan ibadah haji.
  • Dalam waktu pelaksanaan nya jamaah tidak dibatasi ingin melakukan ibadah umroh kapan saja sepanjang tahun, selama ada keinginan, niat yang ikhlas dan kemampuan secara jasmani dan Ruhani serta taufik dan hidayah dari Allah swt.
  • Apabila umroh mufradah ingin dilakukan pada bulan haji atau Dzulhijjah, maka tidak boleh dikaitkan dengan haji tamattu.
2.    Umroh Tammatu
  • Umroh Tammatu merupakan  pelaksanaan ibadah umroh yang pada saat pengerjaan nya seseorang sedanng melakukan ibadah haji tammatu juga.
  • Di dalam waktu pelaksanaan ibadah umroh ini hanya bisa di lakukan pada bulan-bulan haji saja yaitu bulan Syawal, 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah dan bulan dzulqo’dah. Diluar bulan-bulan tersebut tidak dinamakan umroh tammatu atau haji tammatu.
3.    Umroh Sunnah
  • Arti Umroh Sunnah tidak jauh berbeda dengan arti umroh Mufrodah, karena bisa di lakukan kapan saja dalam sepanjang tahun.
  • Dalam waktu pelaksanaan nya merujuk pada hadits pertama rasul yang mensunnahkan mengerjakan ibadah umroh satu kali saja, apabila yang kedua dan seterusnya terlepas dari pengertian umroh Sunnah ini.
Tata Cara Umroh


tata cara umroh

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian Umroh, dalam artikel itu sedikit dibahas tentang kaifiat atau tata cara melaksanakan Umroh yang di sunahkan sesuai hadits rasulullah. Kaifiat ini akan menjadi suatu pedoman untuk para jamaah yang awwam ketika akan melaksanakan ibadah haji dan Umroh.

Bagi anda yang bermaksud untuk pergi umroh janganlah hawatir dengan soal biaya, yang terpenting tekadkan yang kuat di dalam hati, peajari hakikat dan kaifiat pelaksanaan umroh dan Ibadah Haji sampai kita mengetahui, memaknai dan benar-benar paham. Untuk lebih memotivasi niat dan keinginan para calon jamaah baca juga keutamaan dalam melaksanakan umroh.

Tidak ada komentar untuk "Seluk-Beluk Umroh":

Poskan Komentar

 

Rekening Resmi Rabbani Tour

Rekening a.n PT. Rabbani Semesta Utama
Mandiri : 130 .00.888.111.07
BCA : 008.06.222.44

Jam Buka Kantor

Senin-Jumat : 08.00 sd 16.30
Sabtu : 08.00 sd 14.00
Ahad : 08.00 sd 13.00

Head Office

Jl Lengkong Kecil No.4 Bandung Jawa Barat (Gedung 3 lantai milik sendiri)